My Photo
Name:

A father of Arwen the elf, Leia the princess & Neo the one.

A husband of Dita the fairy.

This is the adventure of growing Arwen. It's all documented in pictures, written diaries, video documentary and music clip. Hopefully Arwen's friends can enjoy her unique and magical adventures, and especially by Arwen herself when she's grown up. Enjoy her Magical Mystery Tour!







Free shoutbox @ ShoutMix

Image hosted by Photobucket.com



Ngamen di Menteng - 29 Agustus 2006 21:35









Total : 13417 viewers

Proyek Sayang Arwen. 1063 viewers. - View mp4 movie


Kebiasaan Tidur yang Ajaib. 1242 viewers. - View mp4 movie


Operasi Plastik. 3065 viewers. - View mp4 movie


Petualangan Arwen. 1655 viewers. - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comGitar Mainan Murah Meriah. 147 viewers.


Image hosted by Photobucket.comArwen dengan aksi kecup-kecup imutnya. 130 viewers.


Image hosted by Photobucket.comTerapung-apung. 166 viewers. - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comArwen Ajojing. 417 viewers. - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comLenong Asoy. 161 viewers - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comIklan Korban Sindo. 137 viewers - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comArwen bak Godzilla obrak abrik dunia. 140 viewers - View mp4 movie


Image hosted by Photobucket.comArwen ditendang Naya tepat di wajah


Image hosted by Photobucket.comArwen, Naya, Sarah & Luthfi as Charlie's Angels


Image hosted by Photobucket.comAdegan seronok Arwen di atas Ranjang




Arwen Bobok Sambil Berdiri!

Kegedean Topi Caps-nya

Reading a Book

Jacuzzi in the Garden

Arwen Pakai Sepatu Mamin

Get emailed with every update to Arwen's Video!
Email:
Powered by

pinodita's Profile Page



Powered by Technorati


 
B&N.com









Powered by FeedBlitz

Add to Technorati Favorites!



Creative Commons License

Listed on BlogShares

Blog Directory & Search engine

Blog Flux Directory

blog search directory

 View My Public Stats on MyBlogLog.com

Blogarama - The Blogs Directory

Powered by Blogger

Barnes & Noble.com

Saturday, April 02, 2005

Baby Sitter = Perangkat Wajib?

Sebenernya udah lama mau nulis soal ini, cuman masih ditahan-tahan. Akhirnya gatel juga, gara-gara kemaren saya ditanyain lagi sama seorang pembantu di sebelah rumah. Lagi-lagi dengan pertanyaan yang sama.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah ditanyain sama seorang Baby Sitter-nya anak tetangga. "Ibu ngurus bayi sendiri? Gak pake baby sitter, bu?" Saya jawab dengan senyum-senyum, "Iya, mbak, ngurus sendiri." Sambil menyimpan rasa heran dalam hati. Lho kok heran?

Pernah juga beberapa orang terdekat dan teman-teman mempertanyakan kesanggupan saya mengurus bayi sendiri tanpa bantuan Baby Sitter (BS) ataupun asisten. Mereka selalu menanyakan kenapa saya gak pake jasa BS. Biasanya saya hanya menjawab singkat, "nggak." Lagi-lagi dengan menyimpan rasa heran? Lho kok heran?

Eh, beberapa hari yang lalu, pembantu depan rumah, bertanya pada saya, waktu lagi ngajakin Arwen jalan-jalan sore di depan rumah. "Ibu kok gak pake BS?"
Dan saya jawab, "nggak, mbak, masih bisa ngurus sendiri." Lagi-lagi dan lagi terbersit rasa heran dalam hatiku. Lho kok heran?

Iyalah heran! Sejak kapan Baby Sitter jadi "perangkat wajib" dalam mengasuh dan mengurus anak? Apakah ada Standart Operating Procedure (SOP) dalam membesarkan anak, yang mewajibkan kita menggunakan jasa BS? Sepertinya saya justru menjadi orang yang aneh karena tidak menggunakan jasa BS di jaman sekarang ini. Dan seringkali mengundang perhatian heran orang-orang yang melihat saya jalan-jalan hanya bertiga dengan suami, tanpa didampingi BS....GR deh Mamin! Abisan kalau kita lagi jalan-jalan bertiga, suka diliat aneh dan dikasihani gitu sama orang-orang, bahkan sama BS! Mamin dan Papin bukannya anti BS. Kami memang merasa belum butuh jasa BS sekarang-sekarang ini, karena Mamin dan Papin masih merasa sanggup untuk mengurus Arwen sendiri. Lagian kan dana buat BS, bisa dialokasiin untuk kebutuhan lain yang lebih penting (emang gak mahal sewa BS?)

Kadang-kadang jengkel juga ditanyain pertanyaan yang berulang-ulang itu. Pertama, karena seolah yang seperti saya bilang tadi, Baby Sitter adalah SOP yang wajib ditaati bagi orang-orang yang memiliki bayi. Bahkan BS sendiri sudah berpikiran, bahwa mereka adalah standar wajib yang harus dimiliki orangtua yang mempunyai bayi dan anak kecil. Kedua, karena saya merasa kesanggupan kami mengurus anak dipertanyakan. Seakan, tanpa BS, kami tak sanggup mengurus Arwen.

Anyway, we are enjoying spending every single second of our time with our lovely daughter, walaupun harus jungkir balik sekalipun. Kami bersyukur masih diberi kesanggupan dan kesempatan untuk membesarkan buah hati kami.

Comments on "Baby Sitter = Perangkat Wajib?"

 

Anonymous dydy said ... (Saturday, 09 April, 2005) : 

Iya heran ya Dit...ibu ngurus bayi sendiri kok jadi barang langka??

 

Anonymous vena said ... (Saturday, 09 April, 2005) : 

wahh Top deh pokoknya Mamin niy,..mungkin kalo gue di Jakarta Dit, jangan-jangan tergoda juga pake baby sitter,..hehehe. Untung aja gue disini, jadi "dipaksa" mandiri. Dan ternyata Alhamdulillah yg namanya ngurus, main, jagain,mandiin, ngedidik dll bayi sendiri itu tuh kenikmatan tiara taraaaa dan rejeki banget ya Mamin yaaa,..:)

 

Anonymous Irma said ... (Monday, 11 April, 2005) : 

Sbnrnya susah-susah gampang kalo ngomong masalah ini. Pasti pjg ceritanya.. ga pa2 ya Mamin.. :P

Pake jasa BS atau ngga, sbnrnya tergantung sama niat si ortu juga ya. Apakah BS itu mo dijadiin sbg pengganti Ibu, atau hanya sbg partner si Ibu saja.

Pd awalnya, aku tmsk ortu yg anti pake jasa BS. Sampe syifa umur 9 bln, aku msh 'sewa' jasa Nininnya syifa, buat nemenin Syifa selagi aku pergi kerja. Alasanku, biar tenang dan ngerasa aman kalo ninggalin syifa sama Nininnya. Soalnya, fyi juga, sampe skrg aku ga punya pembantu dan suamiku kerjanya diluar kota (plg seminggu 2kali gt deh).

Nahh sampe satu waktu aku liat mamaku kecapean PP jkt-bdg, wahh berasa salah deh dlm hati! Ga tega bgt nyusahin mama terus2an, walopun mungkin mamaku seneng2 aja maen sama cucunya setiap hari. Dlm pikiranku, kok jadi anak ga berbakti amat, dari didlm perut sampe punya anak lagi, masiih aja ngerepotin mamanya. :)

Sampe akhirnya, aku diskusi sama suami, ortuku, sama mertua, dan tentu sama Yg Diatas lewat sholat & doa ya. Dan mrk serahin keputusan sama aku, mau atau ngga aku berbagi tugas sama BS buat ngurusin Syifa.

Pikiran positifku ttg BS, drpd aku pake jasa PRT (yg seringkali kurang care ttg kebersihan dsb) utk bantu aku ngurusin Syifa, mendingan aku bayar mahal buat BS yg punya basic ngurus anak kecil & perlengkapannya, sekaligus bisa jd asistenku ngurusin rumah.

Trus aku jg ngajak adek sepupuku yg baru lulus SMA buat tinggal brg aku di jkt, utk bantuin dan ngawasin kerjaannya BS kalo aku lagi kerja. Soalnya, sepercaya apapun aku sama BS, tetep aja dia itu orang laen, bukan sodara sendiri.

Gitu dehh.. Akhirnya dgn pemikiran matang, aku pake jasa BS dan nentuin pembagian tugas sejak awal. BS aku kasih tugas utk nyiapin semua keperluan Syifa dan rumah, dr mulai beresin rumah-nyapu, pel, cuci baju, belanja, masak, ngolah makanan syifa (menu aku yg bikin); sementara dr mulai syifa bangun tidur, mandi pagi-sore, nyuapin, ngajak maen sblm dan seplg kerja, sampe nidurin, dll, semuanya aku yg ngerjain.

Waktu aku di transtv, kebetulan rmhku dkt, dan aku bisa plg pergi setiap saat kerjaanku beres. Makanya walopun kerja di tv, hehe.. alhamdulillah aku 'berhasil' ngasi Syifa ASI eksklusif sampe 6 bln. :)

Milih BS yg sesuai dgn hati tuh susah bgt. Aku sampe ganti 3 BS, baru bisa dptin org yg cocok, baik sifatnya, sikapnya sampe kerjanya. Alhmdllh Mbaknya Syifa yg skrg baek, sayang bgt sama syifa, rajin, dan masih betah udah hampir setahun ini. Juga Tantenya Syifa yg jadi penjaga gawang kalo aku lagi pergi2 keluar rumah buat ketemuan klien. hehe..

Jadii ngurus anak dan segala mcm keperluannya by ourself adlh yg terbaik. Tapi dgn situasi,kondisi dan kapasitas msg2 org, bukan berarti ibu2 yg pake BS tuh adlh ibu2 yg males urus anak sendiri. hehe bakalan kerasa dehh, kalo anak udah makin gede, kita makin ga bisa doing apa2 deh selain kejar sana kejar sini ngikutin dia.. hehehe apalagi kalo anaknya super duper aktif kyk anakku.. wuihhh!

Alhasil, walopun pake BS, sjk aku ngelahirin syifa sampe detik ini, aku blm pernah lagi nyoba pergi ntn film ke bioskop ato sekedar creambath 1-2jam di salon terdekat! hehe.. ga tega ninggalin anak di rmh kalo bukan buat urusan kerjaan! :P

Kalo ceritanya tmnku laen lagi, Dit. Dia bangga banget kalo dia tuh adalah ibu yg ga pake BS. Tapi pas aku ke rmhnya dia, eehh ternyata dia punya pembantu 3 org! haha iya lahh ga perlu BS, asistennya udah lbh dari cukup! hihihii.. :P

Udah ahh ceritanyaa.. hihihi maap kepanjangan comment nya. haha ini mah cerpen ya, bukan comments! :P

 

post a comment